• berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion
Berita Bola Terbaru, Berita Liga Inggris, Indonesia, dan lainnya hanya di Supersoccer.co.id » Berita » Fenomena Sepakbola Italia: Jumlah Penonton Di Stadion Terus Menurun

Fenomena Sepakbola Italia: Jumlah Penonton Di Stadion Terus Menurun

Bahkan untuk tim-tim besar dan jawara dalam beberapa tahun terakhir seperti AC Milan dan Internazionale Milan, fenomena ini juga terjadi. Pengecualian mungkin hanya untuk Juventus, yang baru-baru ini, stadion baru mereka, Juventus Stadium, terlihat dipenuhi oleh suporternya.

Nah, fakta ini semakin diperkuat dengan temuan salah satu media ternama di Italia, La Gazzetta dello Sport. Menurut mereka, sejak tahun 2008, penjualan tiket di stadion di Italia turun hingga 20,4 persen. Hal ini berbanding terbalik dengan semakin banyaknya penonton yang menyaksikan liga dari layar kaca. Menurut Gazzetta, seperti dikutip oleh Football Italia, terjadi kenaikan pelanggan Sky Italia sebesar 69 persen dalam jangka waktu yang sama. Hal ini jelas menunjukkan bahwa orang-orang di Italia kini semakin malas untuk menonton langsung pertandingan di stadion dan memilih menonton di depan televisi.

Penemuan Gazzetta ini belum dihitung dengan banyaknya orang yang menonton pertandingan dari siaran terrestrial digital dari Mediaset Premium, yang bahkan lebih mudah untuk dinikmati penonton dibandingkan Sky Italia yang bersistem bayar per tayang. Apa yang diungkapkan oleh Gazzetta ini benar-benar menjelaskan fenomena stadion kosong yang memang melanda Italia dalam beberapa tahun terakhir (terutama pasca Calciopoli).

Untuk persentase penonton di stadion sendiri, Italia memang berada diposisi buncit, bahkan kalah dengan Liga Perancis sekalipun. Di Italia, rata-rata stadion hanya dipenuhi oleh 61 persen penonton, sedangkan Perancis 69 persen, Spanyol 73 persen, Jerman 88 persen, dan Inggris 92 persen. Hal ini jelas buruk bagi klub-klub Italia, karena pendapatan dari penjualan tiket merupakan salah satu sumber pemasukan klub setiap tahunnya. Cukup menjelaskan mengapa rata-rata klub Italia sulit belanja, bukan? Lega Calcio selaku badan liga di Italia jelas harus melakukan sesuatu.