• berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion

PSSI Akan Konsultasi Pada AFC Terkait Kompetisi

Menyusul akan berubahnya format kompetisi sepakbola di Indonesia yang direncanakan oleh PSSI, rencananya akan dilakukan pertemuan antara pengurus seluruh klub sepakbola profesional di Indonesia, mulai dari klub-klub Djarum ISL, klub-klub Divisi Utama, hingga klub-klub dari Liga Primer Indonesia. Pertemuan ini utamanya akan membicarakan format kompetisi yang ideal untuk Indonesia ke depannya. Hal ini diperlukan karena LPI dipastikan diambil alih oleh PSSI dan menjadi salah satu kompetisi di bawah naungan asosiasi sepakbola Indonesia.

Masuknya LPI memaksa PSSI berpikir ulang bagaimana format kompetisi yang ideal. Untuk itulah, selain mengadakan pertemuan dengan klub-klub profesional tersebut, PSSI juga akan mengundang perwakilan dari AFC untuk berkonsultasi dengan mereka.

“Rencananya kami akan berkonsultasi dengan AFC sekaligus mengadakan pertemuan dengan seluruh klub sepakbola profesional di Indonesia,” ujar anggota Komite Eksekutif, Sihar Sitorus.

Ia juga mengaku hingga kini kepastian kapan kompetisi akan dimulai juga belum bisa ditentukan. Awalnya, musim kompetisi baru direncanakan akan dimulai pasca perayaan Idul Fitri atau pertengahan-akhir September. Namun dengan akan dilangsungkannya dengar pendapat serta konsultasi mengenai format kompetisi yang diperkirakan akan menimbulkan pro dan kontra ini, bisa saja rencana itu akan molor lama.

Apalagi terkait maraknya kabar yang beredar mengenai akan digabungkannya Djarum ISL dan LPI di musim depan, yang pasti akan menimbulkan reaksi kurang baik dari klub-klub Djarum ISL.

“Untuk menghimpun masukan dan buah pikiran itu kami akan mengundang seluruh pihak yang terkait guna membahasnya pada 25 Juli mendatang. Diharapkan ada titik temu sehingga kompetisi tak tertunda-tunda,” ujar Sihar Sitorus seperti dikutip Antara.

Sebelumnya, salah satu anggota komite eksekutif PSSI, Toni Apriliani, mengaku PSSI sudah berkonsultasi dengan FIFA dan AFC mengenai format kompetisi penggabungan antara ISL dan LPI. Permasalahannya, menurut Toni, adalah perbedaan format kompetisi di antara keduanya. Apalagi, LPI tak mengenal degradasi.

 â€œSaat ini kita masih mencari format yang tepat untuk penggabungan ini. Apakah bentuk pertandinganya sendiri-sendiri atau digabung. Dan kita sudah minta pendapat FIFA dan AFC. Dalam satu atau dua minggu ini format yang kita rancang sudah selesai,” ujar Toni kepada Galamedia.