• berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion

Ulasan Spesial Sven Goran Eriksson Ukraina vs Swedia: Keuntungan Tuan Rumah

Menjamu tim nasional negara kelahiran saya, Ukraina memang layak untuk meraih kemenangan.

Di atas kertas, Swedia lebih baik dari Ukraina, dimana faktor materi pemain membuat orang mengambil kesimpulan demikian. Tapi di dalam lapangan, kadang-kadang prediksi itu tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Babak pertama sepenuhnya dikuasai oleh tuan rumah, semua lini terlihat sangat kompak. Namun di lini tengah dan lini depan yang membuat perbedaan ini lebih terlihat. Mereka punya pemain dengan kondisi fisik dan motivasi yang tinggi, sehingga membuat taktik pun berjalan dengan baik.

Tak perlu diragukan lagi, pemain senior tuan rumah Andriy Shevchenko adalah pemain terbaik di pertandingan ini. Tentu saja karena dua gol yang berhasil dicetaknya ke gawang Andreas Isaksson.

Sedangkan Swedia di pertandingan ini jelas hanya bergantung pada pencetak gol tunggal mereka, Zlatan Ibrahimovic. Mereka tidak mempunyai variasi dalam membangun serangan, meski sempat mencetak gol di menit ke-52 tapi itu tidak cukup untuk membawa timnya unggul.

Kunci kemenangan Ukraina adalah kerja keras dan kekompakan tim, serta kecepatan dan stamina fisik. Tapi unggul atas Swedia tak membuat mereka berada di atas angin, pasalnya mereka harus menghadapi Perancis dan Inggris di pertandingan selanjutnya.

Faktor bermain di depan pendukung sendiri tentunya menjadi keuntungan besar bagi Ukraina, stadion Kiev tentunya menjadi tempat yang angker bagi siapapun yang bermain menghadapi tim tuan rumah.

Sebagai orang Swedia, tentunya saya kecewa akan hasil ini. Apalagi peluang Ibrahimovic cs. akan lebih berat di pertandingan berikutnya, Inggris dan Perancis bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukkan. Tapi sekali lagi, di dalam lapangan kadang-kadang prediksi itu tidak berjalan sebagaimana mestinya. Saya berharap Swedia bisa memberikan kejutan di pertandingan selanjutnya dan lolos ke perempat final.