• berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion

Panggung Penutup Liga Premier 2011/2012

Minggu, 13 Mei 2012. Pekan ke 38. Dan Liga Premier musim ini pun akan mencapai klimaksnya.

Pertandingan antara Liverpool dan Chelsea kemarin membuat semua tim di klasemen Liga Premier akhirnya mencapai jumlah yang sama: 37. Ini artinya, semua tim sudah siap menyambut laga penutup mereka di hari Minggu nanti. Yang semua akan berjalan di waktu yang sama.

Hingga saat ini baru ada dua hal yang dipastikan: Wolverhampton Wanderers dan Blackburn Rovers akan terlempar dari persaingan dan harus rela menjalani musim mendatang di divisi Championship. Sisanya? Masih banyak hal yang bisa berubah setelah 90 menit nanti berakhir.

The Champions

Ini akan menuju kota Manchester. Pertanyaannya hanyalah: City atau United? Sang Manchester Biru punya kesempatan yang sangat besar untuk memenanginya. Keunggulan selisih gol yang begitu besar (8 gol) membuat sebuah kemenangan atas QPR akan membawa mereka meraih juara yang sudah dinanti-nantikan selama 44 tahun terakhir.

Sementara itu United butuh City terpeleset di kandang sendiri atau butuh keajaiban terjadi dengan menciptakan setidaknya 9 gol ke gawang Sunderland. Dua-duanya sama saja sulitnya untuk terjadi. Rasanya kita bisa melihat pasukan Sir Alex Ferguson ini merutuki kecerobohan mereka yang membuang keunggulan 8 poin beberapa pekan yang lalu saat peluit panjang musim ini berakhir nanti.

The Big Four

"Real" Big Four. Alias posisi empat besar. Dengan Chelsea tidak lagi masuk hitungan, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Newcastle United akan sedikit berdoa sang rival mereka tersebut tidak akan meraih kemenangan di Final Liga Champions tanggal 19 Mei mendatang. Karena dengan begitu, posisi empat besar Liga akan dipastikan lolos ke kompetisi tertinggi di Eropa tersebut musim mendatang.

Meski begitu, pertarungan keras masih harus terjadi. Posisi ketiga Arsenal masih jauh dari aman. Mereka hanya berselisih satu poin dengan Spurs dan dua dengan Newcastle. Laga terakhir mereka adalah dijamu West Bromwich Albion. Dan dengan catatan empat pertandingan terakhir tanpa menang, rasanya peluang terpeleset di The Hawthorns akan terbuka lebar.

Sementara itu, Spurs rasanya akan mampu menuntaskan perlawanan Fulham di White Hart Lane dan menanti hasil sang rival. Namun tetap saja, tiga angka ini wajib karena jika terpeleset, masih ada Newcastle yang siap menerobos ke empat besar jika berhasil menghantam Everton di kandang lawan.

The Magpies punya peluang paling kecil untuk menerobos empat besar, mereka butuh kedua rivalnya terpeleset. Kecil, namun bukan berarti mustahil tentunya. We all know that anything can happen this season.

Zona Degradasi

Kemenangan Wigan Athletic atas Rovers di hari Senin kemarin membuat persaingan di zona ini hanya akan berputar di tiga tim, Bolton Wanderers, Queens Park Rangers, dan Aston Villa. Bahkan, Villa sebenarnya sudah cenderung aman. Apalagi melihat selisih gol mereka yang jauh lebih superior dari dua rivalnya. Asalkan mampu menghindari kekalahan besar, Villa akan aman melanjutkan Premier League di musim mendatang.

Keadaan berubah rumit saat kita bergeser satu posisi ke bawah Villa. QPR dan Bolton masih punya peluang yang kurang lebih sama untuk terlempar dan untuk bertahan. Yang pasti, Bolton harus mampu mengalahkan Stoke City di Brittania Stadium sambil berharap Manchester City mampu mengalahkan QPR di Etihad Stadium. Ini akan memastikan pasukan Owen Coyle tersebut selamat dari degradasi.

Sementara QPR punya beberapa opsi. Kemenangan atau hasil imbang atas City jelas akan menjadi garansi mereka untuk lepas dari hantu degradasi. Selisih gol yang cukup jauh membuat hasil imbang -yang akan sangat sulit diraih- di kandang lawan sudah cukup untuk membuat mereka memiliki sesuatu untuk dirayakan. Bahkan, seandainya mereka kalah sekalipun, tim London ini masih punya peluang lolos. Dengan syarat Bolton gagal menaklukkan Stoke City.

Meski terlihat lebih sulit, sebenarnya justru peluang Bolton untuk lepas dari tiga terbawah di pekan terakhir lebih besar. Tidak menghadapi tim yang sedang lapar juara setelah 44 tahun puasa adalah sebuah modal yang positif bagi Kevin Davies dan kawan-kawan. Walaupun memang, peluang kejutan QPR masih (sedikit) terbuka.

Jadi, rollercoaster luar biasa Liga Premier Inggris akan berakhir di hari Minggu ini. Setelah menjalani sebuah musim yang luar biasa, kita sekarang hanya bisa menebak akhir semacam apa yang menunggu klub-klub ini.

Enjoy The Ride!

Belum ikutan main FM Super Soccer? Klik disini untuk ikutan bersaing dengan ratusan ribu manajer lainnya untuk menjadi manajer terbaik dan menangkan hadiahnya.