• berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion

Data dan Fakta Jelang Manchester City vs Aston Villa

Pertemuan keduanya di Piala Liga diwarnai beberapa data dan fakta menarik.

Manchester City telah 53 musim mengikuti Piala Liga dan pertandingan nanti adalah kali pertama mereka menjamu Villa di ajang ini. Villa sendiri merupakan salah satu klub tersukses di Piala Liga dengan torehan 5 gelar dan merupakan tim yang pertama kali menjuarai ajang ini pada 1961.

Pelatih Villa kala memenangi Piala Liga gelaran pertama adalah Joe Mercer. Saat itu final digelar dengan sistem dua leg. Pada leg pertama Villa kalah 2-0 di kandang Rotherham. Di leg penentu yang dimainkan di Villa Park, Mercer membawa Villa membalikkan keadaan dengan menang 3-0.

Mercer membawa Villa ke final dua tahun kemudian, namun sayangnya tim asuhannya dikandaskan Birmingham City di final. Tahun 1970, Mercer menjadi pelatih City pertama yang memenangi Piala Liga setelah mengalahkan West Bromwich Albion di final yang digelar di Wembley.

Pada tahun 1975 Villa memenangkan Piala Liga saat dilatih Ron Saunders. Di final di Wembley, Villa mengalahkan Norwich. Pada tim Villa yang memenangkan gelar tahun itu, terdapat eks pemain City, Frank Carrodus, dan pemain yang nantinya akan berbaju City, Bobby McDonald.

Saunders membawa Norwich ke final pada tahun 1973 dan Manchester City pada tahun 1974, sebelum ke Villa untuk menjuarainya. Tahun 1977 Saunders kembali membawa Villa ke final untuk memenangkannya. Pada periode itu, Saunders 4 kali mencapai final Piala Liga dalam 5 tahun.

Tiga pertemuan sebelumnya Manchester City versus Villa di ajang Piala Liga dihelat di Villa Park. Pada pertemuan bulan September 1976, Villa mengalahkan City dengan skor 3-0 di babak pertama. Mereka akhirnya mengalahkan Everton di final untuk meraih gelar Piala Liga ketiganya, dan yang kedua dalam tiga tahun.

Pada November 1983, Villa kembali mengalahkan tamunya Man.City dengan skor identik, 3-0 di babak ketiga. Tiga gol Villa saat itu dicetak Colin Gibson, Allan Evans, dan Dennis Mortimer.

Di pertemuan ketiga, barulah City bisa menang. Partai babak ketiga pada bulan November 2000 itu dimenangkan City dengan skor tipis, 1-0. Partai itu merupakan penampilan ke-97 Gareth Barry untuk Aston Villa. Saat itu Barry yang kini berbaju Citizen masih berusia 19 tahun.

Dua tahun lalu Villa kembali ke final Piala Liga meski akhirnya kalah 2-1 dari Manchester United. Pada laga final itu, pemain City saat ini, James Milner mencetak gol untuk Villa dari titik putih. Saat itu Villa juga diperkuat eks pemain belakang City, Richard Dunne.