• berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion

Siapa yang Bisa Kalahkan Persipura?

Karena setiap laga adalah final.

Ada pertanyaan menarik di hati kita: Bakal terkalahkankah Persipura? Dan siapa pula yang akan mengalahkan Mutiara Hitam itu?

Mengepak 51 poin dari 21 kali duel, Persipura kini kokoh di puncak klasemen sementara ISL 2012/2013. Persipura dikuntit tiga pesaingnya, yakni Arema Indonesia, Sriwijaya FC serta Persib Bandung. Dari nilai poin, Persipura jauh lebih unggul. Arema dan Sriwijaya FC sama-sama mengepak 42 poin hasil 21 kali laga, sedangkan Persib 41 poin dari 20 pertandingan.

01 i 1

Rekor Persipura membuat kita berdecak kagum. Tim besutan Jacksen Ferreira Tiago menang 16 kali, enam kali draw, dan belum terkalahkan. Dari jumlah gol, Persipura sangat produktif. Sudah 45 gol diceploskan ke gawang lawan. Persipura juga patut berbangga, karena paling sedikit kebobolan yakni delapan gol. Ini tak lepas dari aksi ciamik Yoo Jae Hoon di bawah mistar. Sang kapten, Boaz Solossa, menjadi pencetak gol terbanyak dengan koleksi 18 gol. Boci ditempel ketat Coulibaly Djibril, bomber Barito Putera. Djibril mengepak 16 gol.

Tim mana yang akan mengalahkan Persipura?

Persipura sendiri bertekad untuk menjaga rekor tak terkalahkan, sampai akhir kompetisi. "Bagi kami, setiap pertandingan adalah final. Jadi jangan sampai kalah," kata Jacksen kepada Super Soccer.

Banyak yang memprediksi, Persipura bakal tampil menjadi yang terbaik di pentas ISL musim ini. Boaz Solossa dan kawan-kawan tak hanya sangar di kandang, tapi juga bermain sangat cemerlang di kandang lawan. Tim yang bermarkas di Stadion Mandala itu pernah mempermalukan Mitra Kukar di Kutai, Arema Indonesia di Kanjuruhan dan mengandaskan perlawanan sang juara bertahan Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring. "Kami kalah kelas. Persipura layak menjadi tim juara," kata Kas Hartadi, pelatih Sriwijaya FC.

Persipura memang perkasa, setidaknya sampai saat ini. Materi pemain hampir merata di semua lini, termasuk pemain cadangan tak kalah berkualitas dari pemain inti. Di sektor depan, misalnya, Persipura masih menyimpan dua amunisi tak kalah menggigit yakni Ferinando Pahabol dan Patrich Wanggai.

01 i 3

Bisa dibilang, Persipura merupakan satu-satunya tim yang sangat serius menyambut musim ini. Di awal musim, tak ada perombakan berarti. Semua pemain inti dipertahankan. Bandingkan dengan tim pesaing seperti Persib Bandung, Arema Indonesia, maupun Sriwijaya FC. Ketiga tim ini punya persoalan masing-masing dan butuh waktu untuk menyelesaikannya. Dari segi finansial, Persipura boleh berbangga. Tak sekali pun isu berhembus, manajemen telat membayar hak dan bonus pemain.

Meski digadang-gadang bakal tampil sebagai juara, Persipura tak mau jumawa. "Kompetisi masih panjang. Kami tak boleh lengah," kata Jacksen yang juga mendapat kepercayaan dari Badan Tim Nasional untuk menukangi tim nasional senior di ajang babak Kualifikasi Piala Asia 2015.

Ditahan imbang Pelita Bandung Raya di depan fans sendiri dijadikan Jacksen sebagai pelajaran berharga. "Awalnya kami mematok tiga angka. Akan tetapi, kenyataannya, PBR mampu mencuri poin di kandang kami," tukas Jacksen, taican berkebangsaan Brasil.

01 i 2

Tim manakah yang mampu mematahkan rekor tak terkalahkan Persipura?

Musim lalu, Persipura bercokol di peringkat kedua, setelah dominasi mereka di pentas ISL disabet Sriwijaya FC. Pada 2005 adalah awal kebangkitan Persipura, di mana mereka sukses menjadi juara Liga Indonesia. Saat itu, Persipura diarsiteki Rahmad Darmawan yang kini menukangi Arema Indonesia. Jacksen sendiri, sejak bergabung pada Agustus 2008, sudah mempersembahkan tiga gelar mentereng yakni dua kali juara ISL, sekali juara Inter Island, dan terakhir Community Shield.