• berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion

Laga Final Terbaik Piala Dunia U-20

Berikut sejumlah laga final terbaik sepanjang turnamen Piala Dunia U-20 bergulir.

Piala Dunia U-20 kini tengah berlangsung di Turki. Sejumlah talenta muda berbakat dari berbagai belahan dunia siap membela negaranya masing-masing untuk dapat merengkuh gelar prestius turnamen dua tahunan ini. Sejak digelar pada tahun 1977, tercatat sudah delapan negara yang berhasil menjuarai turnamen ini. Mereka adalah Argentina, Brasil, Portugal, Ghana, Spanyol, Uni Soviet, Jerman, dan Yugoslavia. Argentina menjadi yang tersukses dengan mengumpulkan enam trofi sepanjang turnamen ini digelar, sementara Tim Samba mengikuti di belakang dengan raihan lima trofi.

Hingga 2011, sudah berlangsung 18 final yang dilangsungkan di berbagai negara dan mempertemukan dua yang terbaik. Tak jarang, laga final harus berlanjut hingga perpanjangan waktu atau bahkan adu penalti untuk menentukan peraih gelar juara. Dan, dari begitu banyak final yang sudah berlangsung, berikut beberapa laga final terbaik yang pernah tersaji di Piala Dunia U-20:

Brasil 3-2 Portugal (Kolombia, 20 Agustus 2011)

Begitu sengitnya duel antara Brasil dan Portugal pada laga final yang berlangsung di Estadio Nemesio Camacho, Bogota, hingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Di 90 menit waktu normal, kedua tim bermain imbang 2-2. Oscar menjadi pahlawan kemenangan Tim Samba dengan mencetak gol ketiganya di babak perpanjangan waktu, setelah sebelumnya mencetak dua gol di menit kelima dan menit ke-78. Sementara dua gol Portugal diciptakan melalui Alex dan Nelson Oliviera di babak pertama dan babak kedua.

 

Ghana 4-3 Brasil (pen), (Mesir, 16 Oktober 2009)

Luar biasa. Mungkin itulah kata yang pantas disematkan kepada Ghana usai menaklukan Brasil pada laga final Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Cairo International Stadium, Kairo. Bermain dengan sepuluh orang, saat Daniel Ashley Addo menerima kartu merah pada menit ke-37, Ghana mampu menahan imbang Tim Samba tanpa gol hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Pertandingan pun terpaksa dilanjutkan melalui adu penalti. Gagalnya eksekusi Souza, Maicon, dan Alex Teixeira, membuat Ghana berhasil menjuarai turnamen ini untuk kali pertama.

 

Ghana 1-2 Brasil (Australia, 20 Maret 1993)

Brasil berhasil menaklukan perlawanan sengit yang ditunjukan Ghana pada laga final yang berlangsung di Sydney Football Stadium, Sydney. Sempat memimpin saat pertandingan baru berjalan 15 menit, Ghana harus mengakui ketangguhan Tim Samba setelah mereka berhasil membalikkan keadaan di babak kedua dengan gelontoran dua gol yang diciptakan Yan dan Gian. Pada turnamen tahun ini, Brasil tak pernah sekali pun menelan kekalahan, dan hanya sekali bermain imbang tanpa gol kontra Arab Saudia di fase grup.

 

Portugal 2-0 Nigeria (Arab Saudi, 3 Maret 1989)

Inilah untuk kali pertama Portugal menjuarai Piala Dunia U-20 setelah menumbangkan Nigeria dengan dua gol tanpa balas pada laga final yang berlangsung di King Fahd International Stadium, Riyadh. Portugal melangkah ke final setelah menyingkirkan raksasa  Brasil di babak semifinal berkat gol semata wayang Amaral, sementara Nigeria menjungkalkan Amerika Serikat. Gol indah Abel Silva di babak pertama dan satu gol lagi hasil sumbangan Jorge Couto di babak kedua menghentikan perlawanan Nigeria yang juga berambisi merengkuh titel pertama mereka di turnamen ini.