• berita bola,berita bola terkini,sepak bola,football manager super soccer,klasemen liga inggris, jadwal sepak bola,prediksi bola,liga inggris,liga champion

Piala Dunia U-20: Perancis (4) 0 – 0 (1) Uruguay

Waktu normal dan perpanjangan waktu tak cukup untuk mengakhiri laga secara cepat.

Perancis sukses menjuarai ajang Piala Dunia U-20 untuk kali pertama. Setelah bermain imbang tanpa gol di waktu normal dan perpanjangan waktu, Les Bleuets sukses memenangi adu penalti dengan skor 4-1 kala melawan Uruguay, Sabtu (13/7).

Perancis tercatat sebagai juara keenam Piala Dunia U-20 dari benua Eropa sejak kompetisi ini diselenggarakan 36 tahun lalu. Namun dalam 20 tahun terakhir, Perancis menjadi wakil Benua Biru kedua yang keluar sebagai juara. Tim yang terakhir kali melakukan hal tersebut adalah Spanyol di tahun 1999.

02 Franceuruguay ins1

Sejak melangkahkan kaki di Piala Dunia U-20, Perancis tak terlihat sebagai calon juara. Mereka mengawali laga Grup A dengan hasil imbang kontra Amerika Serikat (1-1) dan kalah dari Spanyol (1-2). Saat memasuki babak knockout, mereka mulai menemukan formula yang tepat. Usai menaklukkan Turki (4-1) dan Uzbekistan (4-0), mereka sempat berjuang sangat keras menghadapi Ghana (2-1) di semifinal.

Di sisi lain, Uruguay juga mendapat status serupa: bukan tim unggulan. Tak ada yang peduli kalau mereka menyingkirkan juara Piala Dunia U-20 2011, Brasil, di babak kualifikasi. Enam anggota skuat pimpinan Juan Verzeri justru untuk kali kedua gagal di final kejuaraan dunia. Pada Piala Dunia U-17 2011, mereka tunduk di tangan tuan rumah, Meksiko.

“Sangat sulit untuk bicara sekarang. Kami tahu Perancis adalah salah satu tim terbaik di Eropa, mereka memiliki pengalaman yang tinggi di tingkat internasional. Kami bermain dengan sangat baik di 90 menit pertama. Kami tak bisa mencetak gol tetapi melepaskan 20 tembakan ke gawang,” ungkap Verzeri seperti dilansir Associated Press.

02 Franceuruguay ins2

Dalam babak tos-tosan, penjaga gawang blasteran Perancis-Filipina, Alphonse Areola, keluar sebagai pahlawan dengan menggagalkan dua eksekusi pertama penggawa La Celeste, Emiliano Velazquez dan Giorgian De Arrascaeta. Dimitri Foulquier lantas menyegel kemenangan kala menjadi eksekutor keempat tim asuhan Pierre Mankowski.

“Ini adalah perasaan yang hebat sekaligus melegakan. Menyelamatkan dua tendangan penalti pertama adalah sesuatu yang besar. Hal tersebut memberi kami keuntungan psikologis karena bisa mengangkat tekanan dari para pemain kami,” jelas kiper berusia 20 tahun tersebut.

Para pemain Perancis merayakan kemenangan di atas lapangan selama beberapa menit sebelum sang kapten, Paul Pogba, mengangkat trofi juara. "Luar biasa. Ini adalah Piala Dunia, Piala Dunia, Piala Dunia! Ini sesuatu yang luar biasa. Butuh waktu yang lama untuk menyadari apa yang telah kami lakukan malam ini," tutur gelandang Juventus itu.

Well, selamat Perancis! Mungkin kami masih akan sering melihat beberapa penggawa Les Bleus di pentas dunia dalam beberapa tahun mendatang.

Susunan Pemain

Perancis U-20: Areola, Folquier, Zouma, Digne (Polomat 115'), Sarr, Pogba, Kondogbia, Veretout, Thauvin, Sanogo, Bahebeck (Bosetti 65') (N'Gando 112').

Uruguay U-20: De Amores, Velazquez, Silva, Gimenez (Varela 84'), Rodriguez (Olaza 101'), Pais, Cristoforo, Laxalt (De Arrascaeta 71'), Acevedo, Lopez, Avenatti.

[nggallery id=997]